Nurzhoronk’s Weblog


Explore The Sorong City

Kota Sorong merupakan kota pertama yang ada di Provinsi Papua Barat, bahkan sudah menjadi kota sebelum terbentuknya Provinsi Papua Barat. Sebelum berubah status menjadi kota Sorong masih berstatus Kabupaten Sorong dan mempunyai wilayah yang sangat luas. Saat ini wilayah yang sebelumnya bernama Kabupaten Sorong itu telah mengalami pemekaran menjadi beberapa wilayah, yaitu Kota Sorong, Kabupaten Sorong, Kabupaten Sorong Selatan, dan Kabupaten Raja Ampat. Terakhir akan bertambah satu lagi wilayah yaitu Kabupaten Tamrau yang sedang dalam proses pemekaran dan saat ini terjadi perdebatan tentang wilayah yang akan menjadi ibukota Kabupaten nantinya.
Kita tinggalkan wilayah Sorong Raya dan kembali ke wilayah yang saya tinggali yaitu Kota Sorong. Wilayah Kota Sorong terbagi atas 4 wilayah Distrik/Kecamatan yaitu Distrik Sorong Kota. Distrik Sorong Barat, Distrik Sorong Timur, dan Distrik Sorong Utara.

Tempat tinggal saya berada di wilayah Distrik Sorong Barat, lebih spesifik lagi Jl.P.Diponegoro No.11 komplek pasar boswesen. Itulah kira-kira selayang pandang mengenai Kota Sorong.
Sekarang kita menilik infrastruktur yang ada di Kota Sorong. Untuk wilayah pusat kota, di hubungkan oleh 2 ruas jalur utama yang mulai terbagi di Kompleks pasar boswesen(pasar tempat saya tinggal), yaitu biasa disebut dengan jalan baru dan jalur toko Yohan.
Saya mulai membahas infrastruktur yang terbentang disepanjang jalan baru. Diawal titik terbaginya 2 jalur utama terdapat sebuah pantai tempat berlabuhnya kapal-kapal para nelayan juga para warga pulau yang membawa barang-barang yang akan dijual di kota nantinya. Aktivitas jual beli diwilayah ini cukup tinggi. Jenis barang yang diperjualbelikan juga sangat beragam. Mulai dari hasil kebun, hasil laut, makanan, minuman, perlengkapan hari-hari, sampai dengan barang kerajinan tangan. Nah di wilayah ini terdapat suatu profesi yang menurut saya cukup unik, yaitu profesi penadah barang, profesi ini mempunyai cara kerja dengan membeli barang yang dibawa para warga pulau


Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: